Apr 9, 2012

Praktek Membuat Kincir Air Kelas 3 SD

Energi merupakan kemampuan untuk melakukan gerak. Air yang mengalir mempunyai energi untuk menggerakkan benda. Salah satu alat yang memanfaatkan energi gerak air adalah kincir air. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat sebuah kincir air sederhana.
  1. Menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kincir air.
  2. Membuat lingkaran dari gabus menggunakan jangka dengan diameter sesuai keinginan (15-20 cm).
  3. Memotong gabus dengan menggunakan pisau potong (berhati-hatilah jangan sampai tangan tergores) atau bisa juga menggunakan pemotong gabus elektronik.
  4. Membuat sudu (baling-baling) kincir air dari gelas plastik bekas minuman. Potonglah gelas plastik bekas minuman dengan gunting menjadi 3-4 bagian. Bentuk potongan persegi panjang (lihat gambar agar lebih jelas).
  5. Tempelkan potongan gelas plastik pada lidi dengan menggunakan selotip.
  6. Membuat poros kincir air. Lubangilah gabus yang berbentuk lingkaran tepat pada tengah-tengah lingkaran gabus. Ukuran lubang disesuaikan dengan besar/kecilnya sedotan.
  7. Masukkan sedotan ke dalam lubang yang telah dibuat dan masukkan pula kayu/lidi ke dalam sedotan.
  8. Memasang sudu pada pinggir lingkaran gabus. Tusukkan lidi yang telah ditempeli potongan gelas plastik bekas minuman ke pinggiran gabus. (Lihat gambar agar lebih jelas.)
  9. Cobalah jalankan kincir air yang telah dibuat dengan mengalirkan air melalui kran air. Selamat mencoba. Semoga berhasil!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons