Oct 23, 2009

Sel sebagai organisasi kehidupan terkecil

Disadari atau tidak, tubuh manusia sebenarnya terdiri dari bagian-bagian yang amat kecil dengan jumlah ribuan bahkan jutaan. Bagian kecil ini disebut sel. Sel merupakan satu kesatuan struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup yang dapat melakukan aktivitas kehidupan.

Semua aktivitas kehidupan manusia dilakukan oleh sel yang saling bekerja sama. Contohnya, manusia dapat bergerak karena adanya kerja otot dan tulang rangka. Otot atau dalam keseharian sering disebut daging merupakan kumpulan dari sel yang saling bergabung dan kerja secara bersama. Begitu juga tulang, terdiri dari ribuan sel yang saling bekerja sama. Jadi, aktivitas kehidupan manusia dilakukan oleh sel. Dapatkah kita melihat sel? Sel mempunyai ukuran yang sangat kecil dan tidak bisa dilihat dengan mata biasa. Untuk melihat sel kita memerlukan alat bantu berupa mikroskop. Mikroskop merupakan alat yang dapat memperbesar penglihatan terhadap benda yang ukurannya sangat kecil menjadi nampak lebih besar sehingga dapat dilihat dengan jelas.

Berbentuk seperti apakah sel itu? Sel berbentuk bangun 3 dimensi yang mempunyai bentuk bermacam-macam, ada yang bulat, kubus, seperti pita dan sebagainya sesuai dengan jenis selnya. Jadi, bayangkanlah sel seperti bangun ruang yang di dalamnya terdapat cairan kental dan ada berbagai benda yang tercelup ke dalam cairan tersebut. Cairan kental tersebut disebut sitoplasma sedangkan benda yang tercelup di dalamnya disebut organel sel. Agar lebih jelas, mari ikuti penjelasan tentang struktur dan fungsi sel di bawah ini. Silahkan klik link dibawah ini untuk belajar sel lebih dalam.

Apakah sel itu?
Struktur Sel Eukariotik
Struktur Sel Prokariotik
Struktur dan fungsi sel
Membran sel
Anatomi dan reproduksi sel
Sel Hewan
Sel Tumbuhan
Siklus sel

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons