Mar 17, 2009

Angin darat & Angin Laut

Udara yang bergerak disebut angin. Angin berhembus dari tekanan udara yang tinggi menuju ke tekanan udara yang rendah. Di dalam ruang terbuka, udara akan mengembang bila terkena panas (suhu udara tinggi) dan udara akan menyusut bila suhu udara rendah. Udara yang mengembang berarti ikatan antara partikelnya menjadi renggang sehingga tekanannya rendah. Sedangkan udara yang berada pada suhu rendah akan berikatan kuat sehingga mempunyai tekanan yang tinggi. Jadi, angin akan berhembus dari udara yang sedikit terkena panas menuju udara yang lebih banyak terkena panas. Angin dinamai berdasarkan asal hembusannya. Angin laut berarti berhembus dari laut ke darat. Sedangkan angin darat berhembus dari darat ke laut.

Kapan angin darat dan anging laut bertiup?

Perlu diketahui bahwa daratan mudah menyerap panas dan melepas panas. Sedangkan lautan lebih sulit menyerap panas dan lebih sulit melepas panas. Ketika siang hari, matahari menyinari daratan dan lautan. Daratan yang lebih mudah menyerap mempunyai tekanan udara yang rendah, sedangkan lautan yang lebih susah menyerap panas mempunyai tekanan udara yang tinggi. Sehingga ketika siang hari berhembus angin laut (udara bergerak dari laut menuju ke darat).

Ketika malam hari matahari tidak menyinari daratan dan lautan. Daratan lebih mudah melepas panas sehingga udara di daratan tekanannya tinggi. Sedangkan lautan lebih sulit melepas panas sehingga udara di lautan tekanannya rendah. Dengan demikian, ketika malam hari berhembus angin darat (udara bergerak dari darat menuju ke laut). Angin darat dimanfaatkan oleh nelayan untuk pergi melaut ketika malam hari sedangkan angin laut digunakan oleh nelayan untuk berlabuh ketika siang hari.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons