Mar 16, 2009

Balon Anti Bakar & Anti Pecah

Balon Anti Bakar

Balon terbuat dari karet yang bila dibakar akan meleleh. Namun kita bisa membuat balon tidak meleleh bila dibakar dengan cara menyalurkan panas dari api ke dalam air. Caranya sebagai berikut:
  1. Sediakan 2 balon.
  2. Isilah balon pertama dengan air lalu ditiup, sedangkan balon kedua langsung ditiup.
  3. Nyalakan korek api dan bakarlah kedua balon. Untuk balon pertama pastikan nyala api tepat pada posisi air.
  4. Amatilah!
Hasil percobaan akan menunjukkan balon pertama tidak akan meletus sedangkan balon kedua akan meletus. Balon pertama tidak meletus karena panas yang diterima balon dari api akan disalurkan sebagian ke dalam air. Panas yang diterima balon pertama tidak sebesar panas yang diterima oleh balon kedua karena sebagian dipindahkan ke air. Atau dengan kata lain panas yang diterima balon pertama lebih kecil dari titik leleh balon sehingga tidak meletus.

Balon Anti Pecah

Balon terbuat dari karet yang bersifat lentur. Balon yang ditiup akan mengembang dan bila di tusuk menggunakan jarum atau benda runcing akan meletus.Balon yang mengembang ternyata tidak selamanya meletus bila ditusuk dengan jarum atau benda yang runcing.Penasaran? Ayo kita lakukan percobaan berikut ini.

Alat dan Bahan : Balon karet, tusuk sate, jarum pentul, selotip dan minyak goreng.

Langkah Kerja :
  1. Tiuplah 4 balon sampai mengembang besar.
  2. Tusuklah balon pertama pada bagian yang tipis. Apa yang terjadi??? Dooorrrr...!
  3. Tusuklah balon kedua dengan tusuk sate pada bagian yang tebal yaitu ujung atas dan ujung bawah. Oleskan minyak pada tusuk sate sebelum ditusukkan ke balon.Apa yang terjadi??? Ststststst...!
  4. Tusuklah balon ketiga pada bagian yang tipis dengan jarum. Apa yang terjadi??? Dooorrr...!
  5. Lekatkanlah selotip pada bagian yang tipis lalu tusuklah dengan jarum. Apa yang terjadi??? Ststststst...!
  6. Catatlah hasil pengamatanmu selama percobaan menusuk balon.
Penjelasan:

Balon yang ditiup akan mengembang dan tentunya akan semakin tipis lapisan karetnya sehingga mudah robek. Dengan demikian bila ditusuk dengan benda runcing seperti tusuk sate atau jarum akan meletus. Lain halnya bila kita tusuk bagian balon yang tebal. Bagian yang tebal ini tidak mudah robek sehingga masih bisa menahan tekanan udara dari dalam balon, balon pun tidak meletus. Bila bagian yang tipis kita lapisi dengan selotip, maka lapisan tipis tersebut akan lebih kuat dan bisa menahan tekanan udara dari dalam balon. Hal inilah yang menyebabkan balon tidak meletus walaupun ditusuk dengan jarum pada bagian yang tipis.

1 comments:

Unknown said...

Kalo yang kaya gini mah saya tau kecuali yang anti kena api

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons