Apr 9, 2012

Fakta pengguna internet di Indonesia tentang gameonline dan facebook

Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah Condongcatur dengan para wali murid adalah pengajian ahad pagi. Pada minggu, 16 Oktober 2011, pengajian ahad pagi untuk para wali murid kelas 4 mengambil tema “Game Online dan Facebook” yang saat ini sedang digandrungi oleh anak-anak sekolah. Materi ini disampaikan oleh Bapak Iyan Sofyan, S.Pd, M.A. Beliau seorang konsultan pendidikan. Bagi bapak / ibu yang pada hari tersebut berhalangan hadir, berikut ini saya sampaikan review / resume singkat isi dari pengajian tersebut.

Judul slide yang beliau bawakan adalah “Ketahui, fahami, dan antisipasi anak kecanduan Game Online dan Facebook-an” (Sudut Pandang Pendidikan dan Psikologi). Perlu kita ketahui bahwa fakta di Indonesia tentang penggunaan internet menunjukkan pada tahun 2010, penduduk Indonesia yang mengakses internet diperkirakan telah menembus angka 45 juta lebih. 1 dari 8 Orang pengguna internet adalah pemain game on line. (sumber: Direktur Sistem Informasi, Perangkat Lunak dan Konten Departemen Komunikasi dan Informasi Depkominfo). Sebanyak 17, 6 Juta Pemilik Akun FB berasal dari Indonesia dan 360.000 pengguna bermumur 13 tahun. Pengguna yang termasuk kategori anak-anak sekitar 64 % atau 11, 3 juta anak usia 15 – 19 tahun. Adapun perangkat yang biasa digunakan oleh mereka untuk akses FB yaitu 53 % dari mereka mengakses FB via Warnet dan 19 % lewat jaringan telepon seluler (sumber : Riset Yahoo dan Taylor Nelson Sofres, 2009).

Apakah game online dan facebook punya sisi positif?atau malah keduanya hanya punya sisi negatif?

Sumber : Disarikan dari materi presentasi Bapak Iyan Sofyan, S.Pd, M.A. (Konsultan pendidikan) pada salah satu forum diskusi dengan orang tua/wali murid pada hari Minggu, 16 Oktober 2011.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons