Sep 2, 2012

Eksperimen Final Olimpiade Sains Kuark (OSK) 2012


Berikut ini sekilas informasi yang admin dapat tentang pelaksanaan babak final Olimpiade Sains Kuark (OSK) tahun 2012 yang berlangsung di kampus PRASETIYA MULYA BUSINESS SCHOOL (PMBS) Cilandak Barat, Jl. R.A.Kartini (T B Simatupang) – Jakarta Selatan 12430 – Indonesia.

Materi lomba final terdiri dari 2 hal yaitu tes teori yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan tes eksperimen. Eksperimen untuk masing-masing level berdasarkan informasi yang diterima dari anak-anak adalah :
  1. Level 1 : (a) memancing ikan-ikanan yang terbuat dari besi dengan jarak 1 m di dalam toples yang di dindingnya ditempeli magnet batang.  Ikan-ikanan terbuat dari besi, aluminium, dan lainnya. Anak-anak harus bisa memilih ikan yang terbuat dari besi karena kailnya terbuat dari magnet. (b) Eksperimen kedua berupa memindahkan botol sirup kaca sejauh sekitar 20 cm dengan menggunakan lidi, sedotan, atau kertas sesuai pilihan anak. Waktu yang diperlukan untuk eksperimen hanya 2 menit.
  2. Level 2 : (a) mematikan api lilin yang menyala dengan menggunakan tangan melalui perantara botol minum plastik yang dilapisi plastik atau kasa sesuai pilihan anak. (b) Eksperimen kedua sama dengan level 1 yaitu berupa memindahkan botol sirup kaca sejauh sekitar 20 cm dengan menggunakan lidi, sedotan, atau kertas sesuai pilihan anak. Waktu yang diperlukan untuk eksperimen hanya 2 menit.
  3. Level 3 : (a) menyusun rangkaian listrik yang terdiri dari : 2 baterai disusun paralel, dan disusun seri dengan 1 beterai yang lain. Lampu terdiri dari 3 lampu yang harus disusun secara paralel. Waktu yang disediakan hanya 2 menit. (b) Eksperimen kedua berupa melayangkan lilin menggunakan plastisin di air kemudian menyalakan lilinnya dengan korek api.
Demikian sekilas info tentang final OSK 2012, selamat bagi yang menjadi juara dan bagi yang belum dapat medali, tidak usah berkecil hati ya .... masih banyak kesempatan lomba yang lain. Semoga bisa menjadi juara pada OSK tahun depan. 

1 comments:

Unknown said...
This comment has been removed by the author.

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons