Mar 18, 2009

Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang IPA Tingkat SD

OSN Makassar 2008
1. Di bawah ini merupakan beberapa ciri biji pada tumbuhan

  1. ringan
  2. berlemak
  3. kecil
  4. kulit buahnya berbau harum
  5. punya pelindung yang kuat
  6. bersayap
Ciri – ciri biji tumbuhan yang pemencarannya dibantu oleh angin adalah
a. 1, 2, 5
b. 1, 3, 6
c. 2, 4, 5
d. 3, 5, 6
e. 1, 2 ,4

2. Energi nuklir merupakan salah satu sumber energi alternatif untuk sekarang dan masa depan. Sumber energi nuklir dapat menyediakan energi bagi kebutuhan manusia untuk waktu sampai jutaan tahun. Energi nuklir berasal dari dua jenis reaksi nuklir. Tuliskan dua jenis reaksi nuklir tersebut!

3. Energi nuklir juga merupakan sumber energi yang ramah lingkungan. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ramah lingkungan itu!

4. Terangkan mengapa kompor minyak tanah memerlukan sumbu agar dapat menyala, sedangkan kompor gas tidak memerlukan sumbu!

5. Saat ini harga bahan bakar minyak sangat mahal. Di samping itu cadangan minyak di dalam bumi makin lama makin berkurang karena telah banyak dieksplorasi. Dulu Indonesia adalah pengekspor minyak bumi, tetapi sekarang sudah menjadi pengimpor karena produksinya makin berkurang sedangkan penggunanya bertambah. Penghematan penggunaan minyak bumi harus dilakukan oleh semua masyarakat. Tuliskan tiga pola hidup manusia yang menghemat penggunaan bahan bakar minyak dan tiga pola hidup manusia yang menyebabkan pemborosan penggunaan bahan bakar minyak!

Untuk mendapatkan file soal olimpiade tersebut dan soal yang digunakan dalam kompetisi olimpiade bidang lain klik link download

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons