Dec 17, 2009

Struktur dan Fungsi Sel Tumbuhan

Tumbuhan atau pohon beringin yang besar dan kuat ternyata asal mulanya berasal dari sebuah biji yang kecil mungil. Biji ini kemudian tumbuh tunas yang lama-kelamaan menjadi sebuah beringin kecil dan akhirnya menjadi sebuah pohon yang besar dan kuat.

Tahukah anda? Biji yang kecil itu tersusun oleh sebuah benda kecil yang disebut sel. Sel inilah yang tumbuh dan bertambah sehingga membentuk daun, akar, batang, dan bunga. Sel merupakan unit terkecil yang menyusun makhluk hidup. Sel disebut juga zarah kehidupan karena semua aktivitas kehidupan dilakukan oleh sel.

Sel tumbuhan dapat melakukan berbagai aktivitas seperti fotosintesis dan respirasi. Ada berbagai macam sel yang menyusun tubuh tumbuhan. Daun tumbuhan bila kita sayat melintang dan dilihat di bawah mikroskop maka akan tampak susunan sel epidermis, sel jaringan palisade, sel jaringan bunga karang, dan sel stomata.

Fotosintesis tumbuhan berlangsung di dalam sel-sel bunga karang dan sel-sel jatingan palisade yang banyak mengandung klorofil. Fotosintesis merupakan proses penyusunan zat-zat makanan dengan bantuan cahaya matahari. Respirasi merupakan proses pembongkaran zat-zat makanan untuk menghasilkan energi. Proses ini terjadi di dalam sel.
Sumber : http://bukusoal.blogspot.com/

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons