Mar 17, 2013

Fungsi Labirin pada Ikan Cupang

Labirin biasanya dimiliki oleh ikan-ikan yang hidup di air lumpur yang memiliki kandungan oksigen sedikit. Contoh ikan yang mempunyai lbirin adalah lele dan gabus. Labirin merupakan perluasan ke atas dari insang dan membentuk lipatan-lipatan sehingga merupakan rongga-rongga tidak teratur. Labirin ini berfungsi menyimpan cadangan oksigen sehingga ikan tahan pada kondisi yang kekurangan oksigen. Untuk menyimpan cadangan oksigen, selain dengan labirin, ikan juga mempunyai gelembung renang yang terletak di dekat punggung. Namun gelembung renang ini lebih berfungsi untuk membantu ikan bergerak naik dan turun dalam air.

Ikan Cupang Hias atau keluarga Betta dalam taksonomi biologinya, ia masuk dalam golongan anabantoid, yaitu golongan ikan yang dapat bernafas dengan mengambil udara langsung dari atmosfer. Sedikit berbeda dengan jenis ikan pada umumnya, cupang memiliki perangkat tambahan pada sistem pernafasannya (insangnya) yaitu berupa labirin. Labirin ini berfungsi sebagai paru-paru cupang.


Sementara itu, insang pada cupang justru tidak berkembang dengan baik, sehingga mereka tidak mampu mengambil oksigen terlarut dalam air, seperti jenis ikan pada umumnya. Tak heran jika kemudian, kita menjumpai habitat alami cupang ini pada perairan-perairan dangkal seperti genangan air, areal persawahan. Bahkan cupang mampu hidup pada genangan air berlumpur karena sifat pernafasannya yang tidak bergantung pada kadar oksigen terlarut dalam air.









0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons